58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui - Hallo sahabat Download Software Terbaru Gratis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui
link : 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga


58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

Perintah Run pada Windows biasa digunakan sebagai jalan pintas untuk mempercepat dalam mengakses suatu fitur tertentu. Perintah Run sendiri merupakan program bawaan windows yang dapat kita akses dengan menekan kombinasi tombol Windows+R atau bisa langsung melalui menu Start di pojok kiri bawah layar. Pada Windows XP perintah Run sudah langsung tersedia pada menu Start, namun pada Windows 7 perintah Run tersebut tidak ditampilkan secara default. Untuk itu kita harus mengaturnya secara manual dengan cara klik kanan pada menu Start > Properties > Customize > Berikan centang pada pilihan Run command, selanjutnya dapat anda lihat perintah Run dengan klik menu Start.

Berhubungan dengan perintah Run, banyak sekali perintah yang bisa anda gunakan dan mungkin beberapa diantaranya masih banyak yang belum anda ketahui atau anda belum mengerti fungsinya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang perintah-perintah tersebut berserta penjelasan tentang fungsinya. Berikut adalah perintah yang bisa anda coba:


*Untuk membuka program windows*

1. taskmgr
Perintah ini akan mengarahkan anda secara otomatis menuju jendela Windows Task Manager. Seperti yang diketahui, Windows Task Manager sangat berguna untuk menutup paksa aplikasi yang not responding. Cara lain untuk membukanya yaitu dengan menekan Ctrl+Alt+Delete.

2. cmd
Perintah ini mengarahkan anda menuju jendela Command Prompt. Command Prompt atau MS-DOS adalah baris perintah berbasis GUI yang dahulu merupakan sistem operasi bernama DOS. Kita bisa menangani virus dengan cmd tersebut.

3. cleanmgr
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Windows Disk Cleanup. Cara termudah untuk membersihkan semua file sampah pada recycle bin, file temporary, dan file sampah lainnya.

4. regedit
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Registry Editor. Salah satu perintah untuk melihat, membuat atau memodifikasi registry di dalam Windows. Sedikit informasi, regedit juga bisa untuk mempercepat tampilan awal Windows, caranya pilih menu HKEY-CURRENT-USER > Control Panel > Dekstop, kemudian double klik pada MenuShowDelay dan buat nilai tersebut menjadi "0". Anda dapat melihat hasilnya ketika komputer anda kembali dihidupkan.

5. dxdiag
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela DirectX Diagnostic Tools. Perintah ini memudahkan anda untuk melihat spesifikasi komputer/laptop anda seperti RAM, VGA, Processor, dan lain sebagainya.

6.  msinfo32 dan msinfo64
Perintah msinfo32 digunakan untuk Windows 32-bit dan msinfo64 digunakan untuk Windows 64-bit. Perintah ini secara otomatis akan mengarahkan anda menuju jendela System Information. Melalui jendela ini, anda dapat melihat semua informasi tentang sepesifikasi Windows anda yang mencakup informasi hardware dan software yang digunakan.

7. compmgmt.msc
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Computer Management, yang berisi informasi tentang sistem komputer seperti System Tools dan Disk Management.

8. msconfig
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela System Configuration, yaitu perintah untuk mengatur aktif atau tidaknya aplikasi yang berjalan di Startup, Boot, Services, dan Tools.

9. winver
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela About Windows, yang akan menampilkan informasi tentang versi Windows yang sedang anda gunakan.

10. gpedit.msc
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Local Grup Policy Editor. Perintah ini memudahkan anda untuk mengatur konfigurasi komputer dan kofigurasi pengguna.

11. fsmgmt.msc
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Shared Folder. Perintah ini memudahkan anda untuk melihat folder atau perangkat yang telah di share. Anda juga bisa dengan mudah mengatur fungsi share dari sini.

12. netplwiz
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela User Accounts. Perintah ini berguna bagi komputer yang memiliki beberapa profil pengguna. Administrator bisa secara langsung mengatur konfigurasi untuk akun pengguna. Sedangkan pengguna bisa mengatur dan mengubah sendiri profil mereka masing-masing.

13. osk
Perintah ini merupakan singkatan dari On-Screen Keyboard, yang dapat menampilkan keyboard pada layar monitor anda. Tujuan penggunaannya yaitu untuk keamanan atau hal lain.

14. mstsc
Perintah ini akan menampilkan jendela Remote Dekstop Connection. Perintah ini dapat menghubungkan komputer anda dengan komputer klien.

15. devmgmt.msc atau hdwwiz.cpl
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Device Manager, yang akan menampilkan semua hardware yang telah terpasang di Windows anda baik internal maupun eksternal. Melalui perintah ini anda dapat mengetahui model dan tipe monitor,  mouse, keyboard, processor, dan lain sebagainya.

16. sndvol
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Volume Mixer, anda dapat mengatur besar volume speaker dan volume aplikasi dengan perintah ini.

17. timedate.cpl 
Perintah ini akan membawa anda menuju jendela Date and Time Properties. Jika anda ingin mengatur tanggal dan waktu komputer/laptop, bisa melalui perintah ini.

18. services.msc
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Services. Jika tidak terlalu penting sebaiknya jangan mengutak-atik file yang ada didalam jendela ini, karena tidak tahu akibat apa yang akan ditimbulkan untuk Windows anda.

19. rstrui.exe
Perintah ini akan mengarahkan anda untuk menjalankan secara otomatis System Restore.

20. magnify
Perintah ini berfungsi untuk mengaktifkan Windows Magnifier yang dapat anda lihat dibagian atas layar.

21. sysdm.cpl
Perintah ini akan menampilkan jendela System Properties. Perintah ini bisa digunakan untuk mengganti nama komputer/laptop anda.

22. charmap
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Character Map untuk menampilkan karakter dan simbol-simbol huruf dalam windows yang biasa digunakan pada Microsoft Office

23. narrator
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Microsoft Narrator.

24. logoff atau shutdown
Sesuai namanya, masing-masing perintah tersebut bertujuan untuk mematikan komputer atau logoff melalui perintah Run. Jika ingin membatalkan perintah shutdown yang sudah terlanjur dilakukan, bisa mengetikkan shutdown –a. Tentu saja kamu mesti melakukannya dengan cepat sebelum proses shutdown berlangsung.


*Control Panel*

25. control
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Control Panel, yang didalamnya terdapat berbagai Tools dan Device Windows anda sehingga anda dapat mengarturnya lewat jendela Control Panel ini.

26. wuapp
Perintah ini mengarahkan anda menuju jendela Windows Upadate. Perintah ini dapat anda gunakan untuk mengatur apakah Windows anda akan update otomatis atau tidak akan pernah update otomatis.

27. firewall.cpl
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Windows Firewall. Melalui perintah ini anda bisa mengaktif atau non-aktifkan firewall Windows anda.

28. utilman
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Ease of Access Center (Utility Manager). Perintah ini berguna untuk jika anda ingin mengaktifkan fitur Magnifier atau Narrator.

29. appwiz.cpl
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Programs and Features. Melalui perintah ini anda bisa menambahkan atau menghapus aplikasi di Windows anda.

30. control netconnections
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Network Connections. Disini anda bisa menghidupkan atau mematikan koneksi internet pada Windows anda.

31. control admintools
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Administrative Tools.

32. wscui.cpl
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Action Center. Perintah ini memudahkan anda untuk mengatur aktif atau tidaknya beberapa fitur keamanan seperti Windows Defender, Virus Protection, Windows Update, Windows Firewall, dan Windows Backup.

33. desk.cpl
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Screen Resolution yang berada di Display Properties. Anda bisa mengatur resolusi layar melalui perintah ini.

34. control printers
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju jendela Devices and Printers. Melalui prerintah ini anda bisa memilih Fax atau Printers mana yang akan anda gunakan.

35. mobsync
Perintah ini mengarahkan anda menuju jendela Sync Center.


*Untuk membuka folder*

36. explorer
Perintah ini akan membuka folder Windows Explorer.

37. %programfiles%
Perintah ini berguna jika kamu ingin langsung masuk ke folder Program Files. Jika anda ingin mencari data aplikasi yang telah di install, anda bisa membuka folder ini.

38. %userprofile%
Perintah ini akan mengarahkan anda menuju folder profil pengguna yang dapat digunakan untuk mengakses dokumen, foto, musik, serta video.

39. %temp% dan temp
Kedua perintah ini fungsinya sama yaitu untuk membuka folder tempat file temporary Windows anda berada. File temporary adalah file sementara yang tidak berguna sama sekali, jadi sebaiknya dihapus saja.

40. Prefetch
Perintah ini akan membuka folder Prefetch. Folder ini sama seperti folder temporary yang isinya merupakan file sampah hasil penyesuaian dari aplikasi yang anda jalankan, jadi sebaiknya file ini juga dihapus saja.

41. fonts
Perintah ini akan membuka folder Fonts. Anda juga bisa menambahkan font yang belum ada.


*Untuk menjalankan aplikasi (If Installed)*

42. Firefox
Perintah ini untuk menjalankan browser Mozilla Firefox.

43. chrome
Perintah ini untuk menjalankan browser Google Chrome.

44. iexplore
Perintah ini untuk menjalankan Internet Explorer.

45. pbrush atau mspaint
Kedua perintah ini fungsinya sama yaitu sama-sama untuk membuka aplikasi Microsoft Paint.

46. winword
Perintah ini secara langsung akan membuka aplikasi Microsoft Word.

47. excel
 Perintah ini untuk membuka aplikasi Microsoft Excel.

48. powerpnt
 Perintah ini untuk membuka aplikasi Microsoft PowerPoint.

49. photoshop
Perintah ini untuk membuka aplikasi Adobe Photoshop.

50. notepad
Perintah ini untuk membuka aplikasi Notepad.

51. write
Perintah ini untuk membuka aplikasi Wordpad.

52. calc
Perintah ini untuk membuka aplikasi kalkulator.

53. wmplayer
Perintah ini untuk membuka aplikasi Windows Media Player.

54. winamp
Perintah untuk membuka Winamp, aplikasi untuk memutarkan musik.

55. winrar
Perintah untuk membuka aplikasi WinRAR, aplikasi untuk kompresi file.

56. acrobat
Perintah untuk membuka aplikasi Acrobat untuk membuat pdf.

57. frontpage
Perintah untuk membuka aplikasi Frontpage, aplikasi pembuat website.

58. ccleaner
Perintah untuk membuka aplikasi CCleaner, aplikasi untuk membersihkan file-file junk di Windows anda.


Itulah ke-58 perintah-perintah Run yang bisa anda praktekkan. Jika terdapat perbedaan nama folder yang ada di Windows anda dengan nama folder yang ada diatas, mungkin disebabkan karena versi Windows yang berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat...
Silahkan klik tombol Share jika anda menyukai artikel ini :-)
 


Demikianlah Artikel 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

Sekianlah artikel 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui dengan alamat link https://gratis-puas.blogspot.com/2016/08/58-perintah-windows-sederhana-yang.html

0 Response to "58 Perintah WINDOWS Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment